Prodi TIH Politani Kupang Lakukan Pengabdian Masyarakat di Kelompok Tani Exodus

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM: Irfan Hoi

POS-KUPANG.COM, KUPANG - Program studi (Prodi) Teknologi Industri Holtikultura (TIH) Politeknik Pertanian Negeri Kupang Politani Kupang melakukan kegiatan Penerapan Ipteks Masyarakat (PIM) untuk kelompok tani Exodus, Desa Raknamo, Kabupaten Kupang, Sabtu 10 September 2022. PIM merupakan bentuk pengabdian Prodi Teknologi Industri Holtikultura TIH, sejalan dengan kerjasama  Politani Kupang dan Pemkab Kupang khususnya, Pemerintah Desa Reknamo. 

tih2 tih3q
BACA SELENGKAPNYA

Pameran dan Wisuda Ahli Madya Angkatan XXXVII dan Sarjana Terapan Angkatan XVII

Foto Bersama Ibu Wadir-1 (Dr. Jacqualine A. Bunga, SP, M.Si) Politeknik Pertanian Negeri Kupang di Stand Pameran Jurusan MPLK
Pameran MPLK April 2022 Pameran MPLK April 2022 1

Prodi-MAG Siap Transformasi ke STr melalui Hibah Kompetisi PSTBI Diksi 2021

PrGedung MPLK 000ogram Studi Diploma Tiga (DIII) Manajemen Agribisnis (Prodi MAG) yang berada di bawah Jurusan Manajemen Pertanian Lahan Kering (MPLK) Politeknik Pertanian Negeri Kupang dinyatakan lolos dalam seleksi hibah bersaing Competitive Fund Vokasi Pengembangan Program Sarjana Terapan Berbasis Industri (PSTBI) yang diluncurkan Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi (DIKSI) Kemendikbud dan Ristek 2021. Hal ini sesuai Surat Dirjen Diksi No. 4632/D/KB.08/2021 tanggal 19 Agustus 2021. Dengan demikian maka Prodi MAG siap bertransformasi menjadi STr Pengelolaan Agribisnis pada 2021.

Ketua Prodi MAG, Melgiana Medah, SP, M.EP mengatakan PSTBI merupakan program yang bertujuan mempercepat transformasi DIII menjadi Sarjana Terapan (STr) berbasis industri sekaligus memperkuat program studi agar dapat memulai PBM prodi STr.

Empat aktivitas yang diusulkan dengan total dana lebih dari Rp 600 juta ini  (Diksi 90% dan 10% Politani) meliputi:

  1. Penyiapan Dokumen Pengusulan PS Sarjana Terapan Pengelolaan Agribisnis
  2. Penyusunan Kurikulum MBKM pada Program Studi STr Pengelolaan Agribisnis
  3. Pemantapan Komitmen Kemitraan Program Studi - DUDIKA
  4. Pengembangan Model Pembelajaran yang berbasis Masalah Riil DUDI (Problem Based Learning)

Beberapa sub aktivitas inti di dalamnya adalah penguatan staf dosen dengan pelatihan dan uji kompetensi E- Agribusiness dan Digital Marketing serta penguatan staf teknisi/PLP melalui pelatihan dan uji kompetensi E-Commerce. Selain itu terdapat pengadaan sarana prasarana utuk Outlet AgriNet Politani, serta pengadaan ruang Pembelajaran Berbasis Masalah Riil Industri (Problem Based Learning/PBL) dilengkapi dengan sejumlah computer penunjang pembelajaran digital marketing,  E-Agribusiness, dan E-Commerce.

Program PSTBI ini berdurasi efektif kurang lebih tiga bulan (berakhir Desember 2021) dengan salah satu syarat, dokumen usulan transformasi Prodi DIII MAG menjadi STr  Pengelolaan Agribisnis telah diunggah 100% di laman SILEMKERMA.

Di tingkat Poitani Kupang,, Competitive Fund Vokasi ini selain didapat oleh Prodi MAG juga diperoleh Program Studi DIV Teknologi Rekayasa Pangan (TRP).

Baca Surat Dirjen Diksi No. 4632/D/KB.08/2021 

Pengumuman Banner1

BERITA: Ranking Webometrics Politani Naik

gedung politaniRanking Politeknik Pertanian Negeri Kupang di situs penilai Webometrics bulan Juli 2021 naik ke posisi 345. Sebelumnya Politeknik Pertanian Negeri Kupang berada pada ranking 366 dari Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta terbaik se-Indonesia. Peringkat yang diperoleh Politeknik Pertanian Negeri Kupang ini diperoleh melalui penilaian yang dilakukan Webometrics atas tiga indicator yakni impact atau visibility 15.824, openness atau transparency 5.423, dan excellence 6.650.