Copyright 2021 - Custom text here

 

Line 006

TEKNIK MENYUSUN TINJAUAN PUSTAKA

Dalam penulisan karya ilmiah, Kajian Pustaka merupakan bagian karya ilmiah yang berisi hasil dari kegiatan mengkaji laporan-laporan penelitian dan bahan pustaka yang memuat teori-teori yang relevan dengan penelitian yang akan dilakukan. Kajian tersebut dilakukan peneliti untuk menjelaskan hubungan antara penelitian yang dilakukan peneliti dengan penelitian sebelumnya, juga menjelaskan uraian teori penelitian sebelumnya. Selain itu, kajian juga dilakukan untuk menjelaskan perbedaan dan kontribusi penelitiannya, sehingga pembaca mengetahui bahwa penelitian yang dilakukan oleh peneliti memang layak dan mungkin untuk dilakukan.

Kajian Pustaka bukan sekedar merupakan rangkuman teori dan kumpulan fakta. Kajian pustaka merupakan hasil kajian terhadap teori-teori yang relevan dengan topik yang akan diangkat dalam penelitian. Kajian pustaka merupakan argumentasi runtut yang digunakan sebagai dasar untuk memecahkan masalah penelitian. Dengan demikian, kajian pustaka pada sebuah penelitian merupakan hal yang perlu diperhatikan dalam membantu peneliti untuk memecahkan masalah penelitian yang dilakukannya.

Agar mendapatkan Kajian Pustaka yang tepat, Togala (2013) mensintesis langkah-langkah melakukan kajian pustaka menurut Donald Ary dan Creswell sebagai berikut.

  1. Mulailah dengan mengidentifikasi kata kunci topik penelitian untuk mencari materi, referensi, dan bahan pustaka yang terkait.
  2. Membaca abstrak laporan-laporan hasil penelitian yang relevan, bias didapatkan dari sumber perpustakaan, jurnal, buku, dan prosi
  3. Membuat catatan hasil bacaan dengan cara membuat peta literatur (literatur map) urutan dan keterkaitan topik penelitian dan referensi bibliografi secara lengkap.
  4. Membuat ringkasan literatur secara lengkap berdasarkan peta literatur, sesuai denganurutan dan keterkaitan topik dari setiap variabel penelitian.
  5. Membuat kajian pustaka dengan menyusunnya secara tematis berdasarkan teori-teori dan konsep-konsep penting yang berkaitan dengan topik dan variabel penelitian.
  6. Pada akhir kajian pustaka, kemukakan pandangan umum tentang topik penelitian yang dilakukan berdasarkan literatur yang ada, dan jelaskan orisinalitas dan pentingnya topik penelitian yang akan dilakukan di banding dengan literatur yang sudah ada.
29 Okt 2021
08:00AM - 05:00PM
KP-setiap-JUMAT
01 Nov 2021
08:00AM - 05:00PM
KP-setiap-SENIN
02 Nov 2021
08:00AM - 05:00PM
KP-setiap-SELASA
03 Nov 2021
08:00AM - 05:00PM
KP-setiap-RABU
04 Nov 2021
08:00AM - 05:00PM
KP-setiap-KAMIS
05 Nov 2021
08:00AM - 05:00PM
KP-setiap-JUMAT