Copyright 2021 - Custom text here

 TEKNIK PENULISAN DAFTAR PUSTAKA & JENIS/SUMBER PUSTAKA

Disiapkan untuk Mahasiswa Prodi MPLK


Tatacara Penulisan “Nama Penulis” dalam Daftar Pustaka atau Daftar Referensi

1

Nama penulis ditulis tanpa gelar akademik (misalnya, Prof, Dr, M.Sc, Ir, SP, dan lainnya). Nama depan dan  nama tengah disingkat. Misalnya: Yos F. da Lopes, SP, M.Sc. → Lopes Y.F.d.

2

Jika ada penulis yang nama belakangnya menggunakan dua kata yang dipisahkan dengan tanda garis datar, maka penulisannya menggunakan dua nama tersebut. Misalnya: Yos F. da-Lopes, SP, M.Sc. → da-Lopes Y.F.

3

Jika ada penulis yang menggunakan singkatan Jr setelah nama belakang maka hanya nama belakang ditulis tanpa Jr. Misalnya: Yos F. da-Lopes, Jrda-Lopes Y.F., Jr. 

4

Untuk Satu Penulis, urutan penulisan nama adalah: Nama belakang – Nama depan dan tengah (disingkat) diakhiri tanda titik. Misalnya: Yosefus F. da-Lopesda-Lopes Y.F.

5

Untuk Dua Penulis, urutan penulisan nama adalah: Nama belakang, depan, dan tengah Penulis Pertama – kata “dan” atau tanda “&” (tanpa tanda petik) – Nama depan , tengah, dan belakang Penulis Kedua diakhiri tanda titik. Misalnya: Fitri Handayani, M. Hidayanto Hanyani F. & M. Hidayanto.

6

Untuk Tiga Penulis, urutan penulisan nama adalah: Nama belakang, depan, dan tengah Penulis Pertama diakhiri tanda koma – Nama depan, tengah, dan belakang Penulis Kedua diakhiri tanda koma – Nama depan, tengah, dan belakang Penulis Ketiga diakhiri tanda titik. Misalnya: Riyandoko, Gerhard E. Sabastian, Suci AnggrayaniRiyandoko, G.E. Sebastian, S. Anggrayani.

7

Untuk Lebih dari Tiga Penulis, urutan penulisan nama adalah: Nama belakang, depan, dan tengah Penulis Pertama diakhiri tanda koma – kata dkk. atau et.al. (dicetak miring) diakhiri tanda titik. Misalnya: James M. Roshetko, P. Purnomosidhi, Jusupta, Tarigan, Anang Setiawan, Andi Prahmono, Mulus SurganaRoshetko J.M., dkk. 

8 Jika nama penulis tidak dicantumkan/diketahui dalam sumber yang dirujuk maka untuk menggantikan nama penulis digunakan kata Anonim diakhiri tanda titik.
9 Jika penulis yang sama menulis beberapa karya ilmiah yang dikutip, nama penulis itu harus dicantumkan ulang dan urutannya berdasarkan tahun terbit (biasanya dimulai dengan tahun terbit terdahulu). 
10

Jika penulis yang sama menulis beberapa karya ilmiah yang dikutip dan terbit pada tahun yang sama, nama penulis itu harus dicantumkan ulang, dan urutannya berdasarkan mana yang terbit pertama dengan ditandai huruf kecil a,b,c,...., pada bagian akhir tahun terbit. Misalnya: 2004a, 2004b, dan seterusnya.

11 Untuk Sumber dari Website atau Situs Internat: jika tidak ada nama penulis, gunakan Nama Website sebagai Nama Penulis.

Sumber Referensi (Pustaka) dan Tatacara Penulisan Daftar Pustaka

 Berikut ini adalah "Tatacara Penulisan Daftar Pustaka berdasarkan jenis(sumber) referensi/pustaka yang digunakan (Catatan: Klik link teks untuk Melihat Contoh Penulisan Daftar Pustaka)

1 Jurnal Ilmiah 7 Buku Instansi Non Pemerintah 13 Karya Ilmiah yang tidak dipublikasikan
2 Prosiding Seminar/Pertemuan Ilmiah 8 Leaflet (Sinonim: Brosur, pamphlet) 14 Makalah (Paper)
3 Pustaka Buku Teks 9 Situs Internet atau website 15 Hasil Wawancara Pribadi
4 Buku Bunga Rampai 10 Lembar Informasi 16 Peraturan Pemerintah dan atau sejenisnya
5 Buku Terjemahan/Suntingan/Saduran 11 Koran/Majalah 17 Video
6 Buku Dokumentasi Pemerintah 12 Kamus Online Online Dictionary 18 Software (computer atau unduhan)

 

29 Okt 2021
08:00AM - 05:00PM
KP-setiap-JUMAT
01 Nov 2021
08:00AM - 05:00PM
KP-setiap-SENIN
02 Nov 2021
08:00AM - 05:00PM
KP-setiap-SELASA
03 Nov 2021
08:00AM - 05:00PM
KP-setiap-RABU
04 Nov 2021
08:00AM - 05:00PM
KP-setiap-KAMIS
05 Nov 2021
08:00AM - 05:00PM
KP-setiap-JUMAT