Copyright 2021 - Custom text here

Imago Ulat Grayak 001MENGENAL ORDO SERANGGA HAMA: LEPIDOPTERA

Silahkan klik nama ordo: Thyasanoptera Diptera Coleoptera Lepidoptera Homoptera Orthoptera Hemiptera 

Serangga merupakan objek penting yang dipelajari karena merupakan hama yang merusak tanaman di area pertanian dan merupakan organisme dengan jumlah spesies yang terbesar, yaitu sekitar 91% dari spesies arthropoda atau sekitar 72% dari seluruh spesies binatang yang dikenal. Serangga yang sering merusak tanaman adalah kelompok kelas Hexapoda. Serangga Hexapoda mempunyai ciri khas, yakni memiliki enam buah kaki. Jenis ini memiliki beberapa jenis ordo, diantaranya adalah:

ThyasanopteraDipteraColeopteraLepidopteraHomopteraOrthoptera, dan Hemiptera 

ORDO LEPIDOPTERA: Kupu-kupu, Ngengat, Skipper

Lepidoptera berasal dari kata Lepidos berarti "sisik" dan pteron artinya "sayap". Kedua pasang sayap golongan serangga ini mirip membran yang penuh dengan sisik. Sisik-sisik ini sebenarnya merupakan modifikasi dari rambut biasa. Bila sisik tersebut dipegang akan mudah menempel pada tangan. 

Serangga dewasa dibedakan atas dua macam, yaitu kupu-kupu dan ngengat. Kupu-kupu aktif pada siang hari sedangkan ngengat aktif pada malam hari. Perkembangbiakan serangga ordo Lepidoptera adalah "holometabola" (telur - larva - pupa - imago). Alat mulut larva bersifat menggigit-mengunyah, sedangkan alat mulut imagonya bertipe mengisap. Stadium serangga yang sering merusak tanaman adalah larva, sedangkan imagonya hanya mengisap nektar (madu) dari bunga-bungaan.

Jenis serangga yang termasuk ordo Lepidoptera, antara lain ulat daun kubis (Plutella xylostella); ulat titik tumbuh kubis (Crocidolomia binotalis Zeller); ulat tanah (Agrotis ipsilon Hufn); penggerek batang atau tongkol jagung (Ostrinia furnacalis Guenee); penggerek polong kedelai (Etiella zinckenella Treitschke); penggerek buah kakao dan rambutan (Acrocercops cramerella); ulat penggulung daun melintang pada teh (Catoptilia theivora Wls); penggerek pucuk tebu putih (Scirpophaga nivella intacta Sn); kupu-kupu pastur (Papilio memnon L); penggerek padi putih (Tryporyza innotata Walker); penggerek padi kuning (Tryporyza incertulas Walker); penggerek padi bergaris (Chilo supressalis Walker); penggerek padi merah jambu (Sesamia inferens Walker); ulat perusak tongkol jagung (Heliothis armigera Hbn.); ulat jengkal (Plusia chalcites); ulat penggulung daun pisang (Erionata thrax L).

Identifikasi:

  • Imago (dewasa): Sayap biasanya ditutupi dengan sisik seperti bubuk (1). Alat mulut dengan bentuk seperti tabung melingkar di bawah kepala yang biasa disebut dengan “proboscis” atau “haustella” (2) ------ lihat Gambar 1. Contoh: lihat Gambar 2.
  • Larva (pradewasa): Bertubuh lunak, tiga pasang kaki pada dada (1). Terdapat di atas lima pasang proleg atau kaki di perut (2). Proleg dengan crochets (hooks). Kepala dengan 2-6 ocelli di setiap sisi (3) ------- lihat Gambar 3. Contoh: lihat Gambar 4
Lepidoptera Dewasa001  Lepidoptera Pradewasa002
 Dewasa Lepidoptera (Gambar diolah oleh: Yos F. da-Lopes)  Pradewasa Lepidoptera (Gambar diolah oleh: Yos F. da-Lopes)

Ada 5 cara seorang mahasiswa dapat mengidentifikasi seekor serangga yang tidak dikenal:

  • Serangga diidentifikasi oleh seorang ahli untuk keperluan mahasiswa
  • Dengan membandingkan serangga dengan spesimen yang berlabel dalam suatu koleksi
  • Membandingkan serangga itu dengan gambar-gambar
  • Membandingkan serangga dengan uraian-uraian (telaah)
  • Dengan menggunakan sebuah kunci analitik atau dengan suatu kombinasi dari 2 atau lebih prosedur-prosedur ini.

Silahkan klik nama ordo: Thyasanoptera Diptera Coleoptera Lepidoptera Homoptera Orthoptera Hemiptera 


Referensi & Link terkait:

Informasi OPT OPT Buah Rice Knowledge Bank Managing Insect Pest Weed Photo Gallery Insect Explained
IPM Images BB-Padi Materi Penyuluhan Insects - Mites - Disease Natural Enemies Gallery AgroAltlas: Diseases-Pests-Weeds
OPT Flori Klasifikasi dan Ordo Serangga Biological Control InfoNet: Natural Enemies Pesticide Information Introduction to Insect Anatomy
OPT Sayur Balai Penelitian Tanaman Serealia Pest and Disease management Integrated Pest Management Biological Control Site Plantwise Knowledge Bank
OPT Obat Dirjen Perkebunan Biocontrol: Natural Enemies Agricultural Pests Tutorial General Entomology Aplied Entomology
29 Okt 2021
08:00AM - 05:00PM
KP-setiap-JUMAT
01 Nov 2021
08:00AM - 05:00PM
KP-setiap-SENIN
02 Nov 2021
08:00AM - 05:00PM
KP-setiap-SELASA
03 Nov 2021
08:00AM - 05:00PM
KP-setiap-RABU
04 Nov 2021
08:00AM - 05:00PM
KP-setiap-KAMIS
05 Nov 2021
08:00AM - 05:00PM
KP-setiap-JUMAT