PROFIL
PROFIL LABORATORIUM PENYLUHAN & KOMUNIKASI
LABORATORIUM PENYULUHAN MERUPAKAN SARANA PENDUKUNG KEGIATAN PERKULIAHAN DAN PRAKTIKUM MAHASISWA MAUPUN KEGIATAN LEMBAGA YANG BERKAITAN DENGAN SARANA PENYULUHAN PERTANIAN LAHAN KERING
IDENTITAS LABORATORIUM
Jurusan/Program Studi |
: |
Manajemen Pertanian Lahan Kering |
Program Studi |
: |
Penyuluhan Pertanian Lahan Kering |
Nama Laboratorium |
: |
Penyuluhan |
Jenis Laboratorium |
: |
Pendidikan dan Pelayanan |
Kepala Laboratorium |
: |
|
Staf Laboratorium |
: |
|
|
|
|
|
|
|
VISI DAN MISI
Mampu menjadi laboratorium yang memiliki keunggulan di bidang pendidikan, penelitian dan pengembangan IPTEK
- Laboratorium penyuluhan merupakan sarana yang memberikan layanan kepada mahasiswa,dosen dan stakeholder lain untuk melakukan kegiatan praktikum, penelitian dan pengembangan IPTEK
- Menyiapkan sumberdaya manusia yang mampu melakukan penyuluhan terutama di bidang pertanian
URAIAN TUGAS
Tugas pokok dan fungsi Kepala Laboratorium Penyuluhan
- Memimpin dan mengkoordinasikan kegiatan dan program pengembangan laboratorium penyuluhan pertanian, meliputi: a). Menyusun rencana kegiatan Laboratorium Penyuluhan Pertanian, b). Mengorganisasikan petugas yang berada di bawah wewenangnya, c). Mengkoordinasikan pelaksanaan program yang telah direncanakan, d). Melakukan pengendalian pengawasan dan monitoring kegiatan di laboratorium, e). Merumuskan kebijakan pengembangan Laboratorium Penyuluhan dalam kaitannya dengan pengembangan IPTEK.
- Menyediakan, memanfaatkan, memelihara dan mengelola sarana laboratorium penyuluhan pertanian secara optimal untuk kepentingan pendidikan dan pengembangan IPTEK.
- Menyediakan sarana dan prasarana untuk keperluan praktek penyuluhan pertanian serta kegiatan lain dalam bidang ilmu terkait
- Menyusun program pengembangan IPTEK sesuai dengan fungsi laboratorium penyuluhan dan optimasi pemanfaatan sarana laboratorium penyuluhan pertanian.
- Mengatur kegiatan praktek sesuai dengan perkembangan IPTEK yang tersedia pada laboratorium penyuluhan
- Bekerja sama dengan unit kerja yang lain dan menunjang pengembangan inovasi teknologi pertanian
- Melakukan tugas-tugas lain yang diberikan atasan
- Bertanggung jawab kepada ketua jurusan
Tugas Pokok dan Fungsi Staf Laboratorium Penyuluhan
- Mempersiapkan sarana prasarana yang diperlukan untuk kegiatan Praktek penyuluhan pertanian serta Pendidikan dan Pelatihan yang terkait dengan Penyuluhan Pertanian
- Membuat dokumentasi kegiatan-kegiatan yang terkait dengan aktifitas laboratorium penyuluhan pertanian
- Memelihara sarana dan prasarana yang menjadi tanggungjawab laboratorium penyuluhan pertanian
- Membantu mengumpulkan dan menyediakan data penyusunan laporan kegiatan laboratorium
- Melakukan tugas-tugas lain yang diberikan oleh atasan
- Bertanggungjawab kepada kepala laboratorium penyuluhan.
TATA TERTIB LABORATORIUM
TATA TERTIB PENGGUNAAN LABORATORIUM
- Mahasiswa/pengguna laboratorium wajib mentaati semua tata tertib dan ketentuan yang ada di Laboratorium.
- Berlaku sopan, santun dan menjunjung etika akademik
- Mahasiswa/peneliti yang akan menggunakan Laboratorium Penyuluhan harus mendapatkan surat ijin terlebih dahulu dari kepala Laboratorium. Surat ijin harus masuk seminggu sebelum penggunaan
- Persetujuan penggunaan fasilitas/peralatan ditanda tangani oleh kepala Laboratorium
- Peminjaman alat harus terlebih dahulu mengisi form peminjaman alat dan diketahui pembimbing dan teknisi Laboratorium
- Pengembalian peralatan/bahan kepada laboran dalam keadaan baik, sesuai dengan form peminjaman
- Kerusakan/kehilangan peralatan/bahan selama waktu peminjaman menjadi tanggung jawab peminjam, dan penggantian di sesuaikan dengan peralatan/bahan yang dipinjam dalam waktu yang ditentukan oleh pihak laboratorium.
- Kegiatan praktikum mahasiswa harus didampingi oleh pembimbing/asisten praktikum.
- Penggunaan Laboratorium di luar jam kerja harus sepengetahuan pihak Laboratorium
Hal-hal yang belum tercantum dalam tata tertib ini akan diatur kemudian
PENJADWALAN & PELAKSANAAN PRAKTIKUM
MEKANISME PENDJADWALAN & PELAKSANAAN PRAKTIKUM
MEKANISME PENJADWALAN PRAKTIKUM
- Dosen koordinator mata kuliah atau dosen pembimbing praktikum menyampaikan Jadwal Praktikum mata kuliah bersangkutan yang akan melaksanakan praktikum di laboratorium. Penyampaian tersebut harus dilakukan pada semester sebelumnya atau paling lambat pada awal semester dimana praktikum akan dilaksanakan, dan harus menyertakan penuntun praktikum, materi-materi praktikum, daftar kebutuhan alat dan bahan praktikum, perkiraan jumlah praktikan, serta nama asisten praktikum yang akan mendampingi praktikum mahasiswa. Penyampaian rencana praktikum yang dilakukan secara mendadak, tidak akan dilayani oleh pengelola Laboratorium.
- Selanjutnya Dosen Pembimbing praktikum segera menyampaikan secara tertulis rencana praktikum mata kuliah tersebut kepada Kepala Laboratorium Penyuluhan, disertai dengan seluruh informasi atau dokumen tersebut diatas
- Kepala Laboratorium menunjuk (disposisi) dan menyampaikan kepada Staf atau Teknisi/PLP Laboratorium terkait tentang rencana praktikum yang dimaksud Staf atau teknisi Laboratorium (dapat dibantu dengan pembimbing atau asisten praktikum) menentukan jadwal dan mempersiapkan bahan dan alat yang akan digunakan
MEKANISME PELAKSANAAN PRAKTIKUM
- Selama praktikum berlangsung, semua praktikan dan asisten praktikum wajib mematuhi seluruh tata tertib laboratorium. Staf/Teknisi/PLP laboratorium secara intensif memantau jalannya praktikum
- Asisten memberi pengarahan kepada praktikan tentang praktikum yang akan dikerjakan.
- Mahasiswa mengambil alat dan bahan praktikum yang sudah disiapkan oleh Laboran atau Teknisi/PLP
- Mahasiswa mengerjakan praktikum sesuai topik dan alokasi waktu yang telah ditentukan.
- Setelah praktikum selesai, semua alat yang digunakan wajib dibersihkan oleh praktikan (dikoordinir asisten praktikum) sebelum dikembalikan ke staf/teknisi laboratorium
- Setelah praktikum selesai, asisten praktikum menyerahkan kembali peralatan dan bersama-sama dengan staf atau teknisi kebun memeriksa kembali keadaan alat yang telah digunakan. Jika ada alat yang mengalami kerusakan atau hilang, maka mahasiswa bertanggung jawab memperbaiki atau mengganti alat tersebut.
- Berita acara kerusakan/hilang dan penggantian alat melengkapi Form B.
- Staf atau teknisi laboratorium melaporkan ke Kepala Laboratorium semua kegiatan praktikum yang telah dilaksanakan setiap akhir semester.
PEMINJAMAN ALAT
MEKANISME PEMINJAMAN & PENGGUNAAN ALAT LABORATORIUM
- Sebelum praktikum dimulai, asisten praktikum (dengan sepengetahuan pembimbing praktikum) mengajukan permohonan tertulis peminjaman alat (Form A) kepada Staf atau teknisi Laboratorium. Permohonan tersebut harus disampaikan paling lambat 1 hari sebelum praktikum dilaksanakan
- Staf atau teknisi laboratorium menyiapkan alat dan bahan yang akan digunakan paling lambat 1 hari sebelum praktikum dilaksanakan
- Asisten praktikum melakukan cek atas alat yang telah disediakan.
- Bila ada kesalahan atau ketidaksesuaian antara daftar, jenis maupun jumlah alat sebagaimana berkas peminjaman alat, segera melapor kepada teknisi Laboratorium.
- Setelah memastikan peralatan dalam kondisi baik dan berfungsi sebagaimana mestinya, serta spesifikasinya sesuai dengan berkas peminjaman alat, asisten praktikum mengisi buku peminjaman alat.
- Saat kegiatan praktikum berlangsung, peralatan tidak boleh dipinjamkan atau dipindah ke tempat lain
- Setelah praktikum selesai, asisten praktikum menyerahkan kembali peralatan dan bersama-sama dengan staf atau teknisi Laboratorium memeriksa kembali keadaan bahan dan alat yang telah digunakan. Jika ada alat yang mengalami kerusakan atau hilang, maka mahasiswa bertanggung jawab memperbaiki atau mengganti alat tersebut. Berita acara kerusakan/hilang dan penggantian alat melengkapi Form B.
FASILITAS
FASILITAS LABORATORIUM
No |
Nama Barang |
Tipe |
Thn Msuk |
Volume |
Kondisi |
Ket |
Baik |
Rusak |
Lain-lain |
1 |
Laptop |
DELL Vostro 3400 |
2010 |
11 |
6 |
1 |
- |
Semua tanpa Charger |
2 |
Camcorder |
Canon Legria HFR-18 |
2010 |
1 |
- |
- |
- |
Tidak ada di Lab |
3 |
Camera Digital |
Sony Alpha NEX-3W |
2010 |
2 |
1 |
- |
- |
1 tidak ada di Lab |
4 |
LCD Tivi 32 inch |
LG 32LLD310 |
2010 |
1 |
1 |
|
- |
- |
5 |
LCD Projector |
Sony VPL EX 120 |
2010 |
2 |
1 |
1 |
- |
- |
6 |
Printer Multifungsi |
Canon Pixma MG5270 |
2010 |
4 |
3 |
1 |
- |
2 ada di Lab |
7 |
Laptop |
DELL/inspiron 14R |
2011 |
7 |
- |
- |
- |
Semua tak ada di Lab |
8 |
Handycam camcorder-fles/memory stick |
Sony/HDR PJ30E |
2011 |
1 |
- |
- |
- |
- |
9 |
Kulkas 2 pintu |
LG /GN- V222RLT |
2011 |
1 |
- |
- |
- |
- |
10 |
Computer PC Buil Up |
HP/pavilion P7-1040L |
2011 |
1 |
- |
1 |
- |
Butuh perbaikan |
11 |
Printer |
Canon iP2770 |
2011 |
1 |
1 |
- |
- |
- |
12 |
UPS |
APC/SC 1000i |
2011 |
1 |
- |
1 |
- |
Butuh perbaikan |
JADWAL PENGGUNAAN LAB
JADWAL PENGGUNAAN LAB SEMESTER GANJIL TA 2017-2018
SEMESTER GANJIL
HARI
|
JAM
|
MATA KULIAH
|
PRODI
|
SMTR
|
KELAS
|
K/P
|
DOSEN MATA KULIAH
|
TEKNISI/PLP
|
SENIN |
08.00 - 10.00 |
Komunikasi dan Penyuluhan Pertanian |
MPLK |
V |
A |
Praktek |
- Ir. Joseph P.Ticoalu, M.Si
- Wely Y. Pello,S.ST,M.Si
|
Alfons Mbira |
10.00 - 12.00 |
Dasar-Dasar Penyuluhan Pertanian |
PPLK |
I |
C |
Praktek |
- Wely Y. Pello, S.ST, M.Si
- Herlyn Djunina, S.Sos, MA
- Musa Banunaek, SP, M.Si
|
Yohan Nenomnanu |
13.00 - 15.00 |
Media Komunikasi dan Penyuluhan |
PPLK |
V |
A |
Praktek |
- Ir. Joseph P. Ticoalu, M.Si
- Johanes Jermias, S.Pt, M.Sc
- Herlyn Djunina, S.Sos, MA
- Yopy I. Ismael, S.ST, MM
|
Alfons Mbira |
15.00 - 17.00 |
Etika Bisnis |
MAG |
V |
AB |
Kuliah |
- Chris N. Namah, SE, M.Sc
- Haryati Sengaji
|
|
SELASA |
08.00 - 10.00 |
Akuntansi |
MAG |
V |
A |
Praktek |
- Chris N. Namah, SE, M.Sc
- Melgiana Medah, SP, MEP
|
|
10.00 - 12.00 |
|
|
|
|
|
|
|
13.00 - 15.00 |
Akuntansi |
MAG |
V |
B |
Praktek |
- Chris N. Namah, SE, M. Sc.
- Gregorius Batafor
|
Siska Lende |
15.00 - 17.00 |
Media Komunikasi dan Penyuluhan |
PPLK |
V |
B |
Praktek |
- Ir. Joseph P. Ticoalu, M.Si
- Johanes Jermias, S.Pt, M.Sc
- Herlyn Djunina, S.Sos, MA
- Yopy I. Ismael, S.ST, MM
|
Alfons Mbira |
RABU |
08.00 - 10.00 |
Perlindungan Tanaman |
MPLK |
III |
A |
Praktek |
- Yos F. da Lopes, SP, M.Sc.
- Ir. Abdul Kadir Djaelani
|
Joni Nenobesi |
10.00 - 12.00 |
Perlindungan Tanaman |
MPLK |
III |
PDD |
Praktek |
- Yos F. da Lopes, SP, M.Sc.
- Ir. Abdul Kadir Djaelani
|
Joni Nenobesi |
13.00 - 15.00 |
Perlindungan Tanaman |
MPLK |
III |
D |
Praktek |
- Yos F. da Lopes, SP, M.Sc.
- Ir. Abdul Kadir Djaelani
|
Joni Nenobesi |
15.00 - 17.00 |
|
|
|
|
|
|
|
KAMIS |
08.00 - 10.00 |
Dasar-Dasar Penyuluhan Pertanian |
PPLK |
I |
A |
Praktek |
- Wely Y. Pello, S.ST,M.Si
- Herlyn Djunina, S.Sos, MA
- Musa Banunaek, SP, M.Si
|
Yohan Nenomnanu |
10.00 - 12.00 |
Dasar-Dasar Penyuluhan Pertanian |
PPLK |
I |
D |
Praktek |
- Wely Y. Pello, S.ST, M.Si
- Herlyn Djunina, S.Sos, MA
- Musa Banunaek, SP, M.Si
|
Yohan Nenomnanu |
13.00 - 15.00 |
Perlindungan Tanaman |
MPLK |
III |
C |
Praktek |
- Yos F. da Lopes, SP, M.Sc.
- Ir. Abdul Kadir Djaelani
|
Joni Nenobesi |
15.00 - 17.00 |
Perlindungan Tanaman |
MPLK |
III |
B |
Praktek |
- Yos F. da Lopes, SP, M.Sc.
- Ir. Abdul Kadir Djaelani
|
Joni Nenobesi |
JUMAT |
08.00 - 10.00 |
Kelembagaan Petani & Dinamika Kelompok |
PPLK |
III |
A |
Praktek |
- Ir. Joseph P.Ticoalu, M.Si
- Endeyani V. Muhamad, S.Pt
- Dr. Karel Sir, S.Ag
|
Yohan Nenomnanu |
10.00 - 12.00 |
|
|
|
|
|
|
|
13.00 - 15.00 |
Perlindungan Tanaman |
MPLK |
III |
A,B |
Kuliah |
- Yos F. da Lopes, SP, M.Sc.
- Ir. Abdul Kadir Djaelani
|
|
15.00 - 17.00 |
|
|
|
|
|
|
|
SEMESTER GENAP
HARI
|
JAM
|
MATA KULIAH
|
PRODI
|
SMTR
|
KELAS
|
K/P
|
DOSEN MATA KULIAH
|
TEKNISI/PLP
|
SENIN |
08.00 - 09.50 |
Manajemen umberdaya Manusia (MSDM) |
|
|
|
|
|
|
10.00 - 12.00 |
|
|
|
|
|
|
|
13.00 - 15.00 |
|
|
|
|
|
|
|
15.00 - 17.00 |
|
|
|
|
|
|
|
SELASA |
08.00 - 10.00 |
|
|
|
|
|
|
|
10.00 - 12.00 |
|
|
|
|
|
|
|
13.00 - 15.00 |
|
|
|
|
|
|
|
15.00 - 17.00 |
|
|
|
|
|
|
|
RABU |
08.00 - 10.00 |
|
|
|
|
|
|
|
10.00 - 12.00 |
|
|
|
|
|
|
|
13.00 - 15.00 |
|
|
|
|
|
|
|
15.00 - 17.00 |
|
|
|
|
|
|
|
KAMIS |
08.00 - 10.00 |
|
|
|
|
|
|
|
10.00 - 12.00 |
|
|
|
|
|
|
|
13.00 - 15.00 |
|
|
|
|
|
|
|
15.00 - 17.00 |
|
|
|
|
|
|
|
JUMAT |
08.00 - 10.00 |
|
|
|
|
|
|
|
10.00 - 12.00 |
|
|
|
|
|
|
|
13.00 - 15.00 |
|
|
|
|
|
|
|
15.00 - 17.00 |
|
|
|
|
|
|
|