Copyright 2022 - Jurusan Manajemen Pertanian Lahan Kering

Teknologi Budidaya Tanaman Sayuran Hemat Air dalam Polybag, Pembuatan Pupuk Organik (Bokashi) dan Desain Alat Perangkap Hama Lalat Buah

004Pemanenan 1


PKM Program Studi Penyuluhan Pertanian Lahan Kering

Berdasarkan pada Undang-Undang nomor 12 tahun 1995 tentang pemasyarakatan menempatkan narapidana sebagai manusia biasa yang hak-hak sebagai warga Negara Indonesia dibatasi oleh okum. Pemasyarakatan berupaya untuk memenuhi hak narapidana dalam bentuk pembinaan dalam lapas/ rutan dan memberikan pembimbingan pasca narapidana menjalani masa pidananya (post adjudikasi). Dalam undang-undang nomor 11 tahun 2012 tentang system peradilan pidana anak, pembimbingan dan pengawasan klien yang akan dilaksanakan adalah pembimbingan kemandirian yang merupakan tuntutan yang diberikan untuk mendukung proses adaptasi sosial klien agar menjadi manusia yang mandiri dan berguna bagi nusa dan bangsa khususnya masyarakat sekitar ketika selesai masa narapidana.

Narapidana yang berada di Balai Pemasyarakat Kelas II Kupang berjumlah 700 orang dengan beragam latar belakang sosial, ekonomi, dan budaya yang berbeda telah bebas bersyarat. Dengan keterbatasan kemampuan atau keterampilan di bidang pertanian yang akan dijadikan sebagai bekal agar narapidana bisa mandiri ketika masa pidana (post adjudikasi) selesai, diharapkan para narapidana  memiliki keterampilan yang dapat dikembangkan setelah kembali ke kehidupan bermasyarakat.

Budidaya tanaman dalam pot / polybag merupakan salah upaya yang dilakukan di bidang pertanian dan merupakan salah teknologi yang tepat guna jika diterapkan pada masyarakat yang ingin berlatih bercocok tanam namun terbatas oleh lahan yang dimiliki. Lahan / pekarangan yang sempit merupakan peluang untuk tetap berusahatani dengan memanfaatkan media tanam yang lebih efektif dan efesien seperti pot / polybag yang di letakan langsung pada tanah ataupun menggunakan rak vertikutur. Bokashi merupakan salah satu pupuk organik yang ramah lingkungan serta mudah untuk dipraktikan. Untuk mengatasi gangguan hama perlu dilakukan pengandalian hama salah satunya dengan cara pembuatan perangkap hama.

No events

FacebookInstagramYoutube 

Hak Cipta

 HMJ Kompas PPNK