MANA
JEMEN BUDIDAYA DAN PEMASARAN TOMAT DI KELURAHAN TUATUKA, KECAMATAN KUPANG TIMUR, KABUPATEN KUPANG
Management of Tomato Cultivation and Tomato Marketing in Tuatuka Village, East Kupang District, Kupang Regency
Stefanus B. Atani, Yason Edison Benu, Masria - Program Studi Manajemen Pertanian Lahan Kering Politeknik Pertanian Negeri Kupang
INTISARI. Tomat merupakan salah satu komoditas hortikultura yang bernilai ekonomi tinggi dan masih memerlukan penanganan yang serius terutama dalam hal peningkatan kualitas dan kuantitas tomat. Salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas tomat adalah dengan meningkatkan teknik budidaya tomat di lapangan. Praktek Kerja Lapang (PKL) ini dilaksanakan di Desa Tuatuka, Kecamatan Kupang Timur, Kabupaten Kupang, selama 3 bulan (Februari sampai Mei 2021). Komoditas khusus yang diamati adalah tomat Servo-F1, khususnya mengenai teknik budidaya dan pemasaran. Kegiatan PKL ini menggunakan metode observasi, wawancara, studi pustaka, dan metode partisipasi langsung di lapangan. Hasil PKL menunjukkan bahwa tomat Servo-F1 dibudidayakan sesuai dengan prinsip-prinsip manajemen budidaya tomat, yaitu persiapan lahan, pembersihan lahan, pembibitan, penanaman, pemupukan, penyiraman, pemasangan ajir, pengikatan, penyulaman, pemangkasan pucuk air, perompesan, penyiangan, pengendalian hama dan pengendalian penyakit, dan panen & pasca panen. Analisis R/C ratio menunjukkan bahwa budidaya tomat Servo-F1 layak dilakukan karena sangat menguntungkan. Produksi tomat sebaiknya dilakukan pada musim kemarau (musim panas) agar tanaman tomat tidak terserang hama dan penyakit atau banjir dalam jangka panjang.
Kata kunci: manajemen, budidaya, pemasaran, tomat