LABORATORIUM SISTEM USAHATANI TERPADU

PROFIL

PROFIL LABORATORIUM

MERUPAKAN SARANA PENDUKUNG KEGIATAN PERKULIAHAN DAN PRAKTIKUM MAHASISWA MAUPUN KEGIATAN LEMBAGA YANG BERKAITAN DENGAN PERTANIAN LAHAN KERING

IDENTITAS LABORATORIUM

Jurusan : Manajemen Pertanian Lahan Kering
Program Studi: : Manajemen Pertanian Lahan Kering
Nama Laboratorium : Laboratorium Sistem Usahatani Terpadu (SUT)
Jenis Laboratorium : Pendidikan dan Pelayanan
Kepala Laboratorium : Ir. Abdul Kadir Djaelani, MP
Staf Laboratorium : 1. 
    2. 
    3. 

VISI DAN MISI

Data Belum Ada

URAIAN TUGAS

Tugas pokok dan fungsi Kepala Laboratorium

  1. Memimpin dan mengkoordinasikan kegiatan dan program pengembangan laboratorium, meliputi: a). Menyusun rencana kegiatan Laboratorium, b). Mengorganisasikan petugas yang berada di bawah wewenangnya, c). Mengkoordinasikan pelaksanaan program yang telah direncanakan, d). Melakukan pengendalian pengawasan dan monitoring kegiatan di laboratorium, e). Merumuskan kebijakan pengembangan Laboratorium dalam kaitannya dengan pengembangan IPTEK.
  2. Menyediakan, memanfaatkan, memelihara dan mengelola sarana laboratorium secara optimal untuk kepentingan pendidikan dan pengembangan IPTEK.
  3. Menyediakan sarana dan prasarana untuk keperluan praktek serta kegiatan lain dalam bidang ilmu terkait
  4. Menyusun program pengembangan IPTEK sesuai dengan fungsi laboratorium dan optimasi pemanfaatan sarana laboratorium.
  5. Mengatur kegiatan praktek sesuai dengan perkembangan IPTEK yang tersedia pada laboratorium.
  6. Bekerja sama dengan unit kerja yang lain dan menunjang pengembangan inovasi teknologi pertanian
  7. Melakukan tugas-tugas lain yang diberikan atasan
  8. Bertanggung jawab kepada ketua jurusan

Tugas Pokok dan Fungsi Staf Laboratorium

  1. Mempersiapkan sarana prasarana yang diperlukan untuk kegiatan Praktek serta Pendidikan dan Pelatihan
  2. Membuat dokumentasi kegiatan-kegiatan yang terkait dengan aktifitas laboratorium
  3. Memelihara sarana dan prasarana yang menjadi tanggungjawab laboratorium
  4. Membantu mengumpulkan dan menyediakan data penyusunan laporan kegiatan laboratorium
  5. Melakukan tugas-tugas lain yang diberikan oleh atasan
  6. Bertanggungjawab kepada kepala laboratorium penyuluhan.

TATA TERTIB LABORATORIUM

TATA TERTIB PENGGUNAAN LABORATORIUM

  1. Mahasiswa/pengguna laboratorium wajib mentaati semua tata tertib dan ketentuan yang ada di Laboratorium.
  2. Berlaku sopan, santun dan menjunjung etika akademik
  3. Mahasiswa/peneliti yang akan menggunakan Laboratorium Penyuluhan harus   mendapatkan surat ijin terlebih dahulu dari kepala Laboratorium. Surat ijin harus  masuk seminggu sebelum penggunaan
  4. Persetujuan penggunaan fasilitas/peralatan ditanda tangani oleh kepala Laboratorium
  5. Peminjaman alat harus terlebih dahulu mengisi form peminjaman alat dan diketahui pembimbing dan teknisi Laboratorium
  6. Pengembalian peralatan/bahan kepada laboran dalam keadaan baik, sesuai dengan form peminjaman
  7. Kerusakan/kehilangan peralatan/bahan selama waktu peminjaman menjadi tanggung jawab peminjam, dan penggantian disesuaikan dengan peralatan/bahan yang dipinjam dalam waktu yang ditentukan oleh pihak laboratorium.
  8. Kegiatan praktikum mahasiswa harus didampingi oleh pembimbing/asisten praktikum.
  9. Penggunaan Laboratorium di luar jam kerja harus sepengetahuan pihak Laboratorium

Hal-hal yang belum tercantum dalam tata tertib ini akan diatur kemudian

PENJADWALAN & PELAKSANAAN PRAKTIKUM

MEKANISME PENDJADWALAN & PELAKSANAAN PRAKTIKUM

MEKANISME PENJADWALAN PRAKTIKUM

  1. Dosen koordinator mata kuliah atau dosen pembimbing praktikum menyampaikan Jadwal Praktikum mata kuliah bersangkutan yang akan melaksanakan praktikum di laboratorium. Penyampaian tersebut harus dilakukan pada semester sebelumnya atau paling lambat pada awal semester dimana praktikum akan dilaksanakan, dan harus menyertakan penuntun praktikum, materi-materi praktikum, daftar kebutuhan alat dan bahan praktikum, perkiraan jumlah praktikan, serta nama asisten praktikum yang akan mendampingi praktikum mahasiswa. Penyampaian rencana praktikum yang dilakukan secara mendadak tidak akan dilayani oleh pengelola Laboratorium.
  2. Selanjutnya, Dosen Pembimbing praktikum segera menyampaikan secara tertulis rencana praktikum mata kuliah tersebut kepada Kepala  Laboratorium, disertai dengan seluruh informasi atau dokumen tersebut di atas
  3. Kepala Laboratorium menunjuk (disposisi) dan menyampaikan kepada Staf atau Teknisi/PLP Laboratorium terkait tentang rencana praktikum yang dimaksud Staf atau teknisi Laboratorium (dapat dibantu dengan pembimbing atau asisten praktikum) menentukan jadwal dan mempersiapkan bahan dan alat yang akan digunakan

MEKANISME PELAKSANAAN PRAKTIKUM

  1. Selama praktikum berlangsung, semua praktikan dan asisten praktikum wajib mematuhi seluruh tata tertib laboratorium. Staf/Teknisi/PLP laboratorium secara intensif memantau jalannya praktikum
  2. Asisten memberi pengarahan kepada praktikan tentang praktikum yang akan dikerjakan.
  3. Mahasiswa mengambil alat dan bahan praktikum yang sudah disiapkan oleh Laboran atau Teknisi/PLP
  4. Mahasiswa mengerjakan praktikum sesuai topik dan alokasi waktu yang telah  ditentukan.
  5. Setelah praktikum selesai, semua alat yang digunakan wajib dibersihkan oleh praktikan (dikoordinir asisten praktikum) sebelum dikembalikan ke staf/teknisi laboratorium
  6. Setelah praktikum selesai, asisten praktikum menyerahkan kembali peralatan dan bersama-sama dengan staf atau teknisi kebun memeriksa kembali keadaan alat yang telah digunakan. Jika ada alat yang mengalami kerusakan atau hilang, maka mahasiswa bertanggung jawab memperbaiki atau mengganti alat tersebut.
  7. Berita acara kerusakan/hilang dan penggantian alat melengkapi Form B.
  8. Staf atau teknisi laboratorium melaporkan ke Kepala Laboratorium semua kegiatan praktikum yang telah dilaksanakan setiap akhir semester.

PEMINJAMAN ALAT

MEKANISME PEMINJAMAN & PENGGUNAAN ALAT LABORATORIUM

  1. Sebelum praktikum dimulai, asisten praktikum (dengan sepengetahuan pembimbing praktikum) mengajukan permohonan tertulis peminjaman alat (Form A) kepada Staf atau teknisi Laboratorium. Permohonan tersebut harus disampaikan paling lambat 1 hari sebelum praktikum dilaksanakan
  2. Staf atau teknisi laboratorium menyiapkan alat dan bahan yang akan digunakan paling lambat 1 hari sebelum praktikum dilaksanakan
  3. Asisten praktikum melakukan cek atas alat yang telah disediakan.
  4. Bila ada kesalahan atau ketidaksesuaian antara daftar, jenis maupun jumlah alat sebagaimana berkas peminjaman alat, segera melapor kepada teknisi Laboratorium.
  5. Setelah memastikan peralatan dalam kondisi baik dan berfungsi sebagaimana mestinya, serta spesifikasinya sesuai dengan berkas peminjaman alat, asisten praktikum mengisi buku peminjaman alat.
  6. Saat kegiatan praktikum berlangsung, peralatan tidak boleh dipinjamkan atau dipindah ke tempat lain
  7. Setelah praktikum selesai, asisten praktikum menyerahkan kembali peralatan dan bersama-sama dengan staf atau teknisi Laboratorium memeriksa kembali keadaan bahan dan alat yang telah digunakan. Jika ada alat yang mengalami kerusakan atau hilang, maka mahasiswa bertanggung jawab memperbaiki atau mengganti alat tersebut. Berita acara kerusakan/hilang dan penggantian alat melengkapi Form B.

FASILITAS

FASILITAS LABORATORIUM

No Nama Barang Tipe Thn Msuk Volume Kondisi Ket
Baik Rusak Lain-lain
1                
2                
3                
4                
5                
6                
7                
8                
9                
10                
11                
12                

JADWAL PENGGUNAAN LAB

JADWAL PENGGUNAAN LAB UNTUK KULIAH/PRAKTEK TA. 2017-2018

KULIAH/PRAKTEK SEMESTER GANJIL

HARI
JAM
MATA KULIAH
PRODI
SMTR
KELAS
K/P
DOSEN MATA KULIAH
TEKNISI/PLP
SENIN 08.00 - 10.00              
10.00 - 12.00              
13.00 - 15.00              
15.00 - 17.00              
SELASA 08.00 - 10.00              
10.00 - 12.00              
13.00 - 15.00              
15.00 - 17.00              
RABU  08.00 - 10.00              
10.00 - 12.00              
13.00 - 15.00              
15.00 - 17.00              
KAMIS 08.00 - 10.00              
10.00 - 12.00              
13.00 - 15.00              
15.00 - 17.00              
JUMAT  08.00 - 10.00              
10.00 - 12.00              
13.00 - 15.00              
15.00 - 17.00              

KULIAH/PRAKTEK SEMESTER GENAP

HARI
JAM
MATA KULIAH
PRODI
SMTR
KELAS
K/P
DOSEN MATA KULIAH
TEKNISI/PLP
SENIN 08.00 - 10.00              
10.00 - 12.00              
13.00 - 15.00              
15.00 - 17.00              
SELASA 08.00 - 10.00              
10.00 - 12.00              
13.00 - 15.00              
15.00 - 17.00              
RABU  08.00 - 10.00              
10.00 - 12.00              
13.00 - 15.00              
15.00 - 17.00              
KAMIS 08.00 - 10.00              
10.00 - 12.00              
13.00 - 15.00              
15.00 - 17.00              
JUMAT  08.00 - 10.00              
10.00 - 12.00              
13.00 - 15.00              
15.00 - 17.00