Laboratorium Penyuluhan & Komunikasi

PROFIL

PROFIL LABORATORIUM PENYLUHAN & KOMUNIKASI

LABORATORIUM PENYULUHAN MERUPAKAN SARANA PENDUKUNG KEGIATAN PERKULIAHAN DAN PRAKTIKUM MAHASISWA MAUPUN KEGIATAN LEMBAGA YANG BERKAITAN DENGAN SARANA PENYULUHAN PERTANIAN LAHAN KERING

IDENTITAS LABORATORIUM

Jurusan/Program Studi : Manajemen Pertanian Lahan Kering
Program Studi : Penyuluhan Pertanian Lahan Kering
Nama Laboratorium : Penyuluhan
Jenis Laboratorium : Pendidikan dan Pelayanan
Kepala Laboratorium : Yosefus F. da Lopez,SP ,M.Sc
Staf Laboratorium : 1. Alfonsius Mbira
    2. Yohan Nenomnanu, SP
    3. Yeni Utu Nganji, S.ST

VISI DAN MISI

Mampu menjadi laboratorium yang memiliki keunggulan di bidang pendidikan, penelitian dan pengembangan IPTEK

  1. Laboratorium penyuluhan merupakan sarana yang memberikan layanan kepada mahasiswa,dosen dan stakeholder lain untuk melakukan kegiatan praktikum, penelitian dan pengembangan IPTEK
  2. Menyiapkan sumberdaya manusia yang mampu melakukan penyuluhan terutama di bidang pertanian

URAIAN TUGAS

Tugas pokok dan fungsi Kepala Laboratorium Penyuluhan

  1. Memimpin dan mengkoordinasikan kegiatan dan program pengembangan laboratorium penyuluhan pertanian, meliputi: a). Menyusun rencana kegiatan Laboratorium Penyuluhan Pertanian, b). Mengorganisasikan petugas yang berada di bawah wewenangnya, c). Mengkoordinasikan pelaksanaan program yang telah direncanakan, d). Melakukan pengendalian pengawasan dan monitoring kegiatan di laboratorium, e). Merumuskan kebijakan pengembangan Laboratorium Penyuluhan dalam kaitannya dengan pengembangan IPTEK.
  2. Menyediakan, memanfaatkan, memelihara dan mengelola sarana laboratorium penyuluhan pertanian secara optimal untuk kepentingan pendidikan dan pengembangan IPTEK.
  3. Menyediakan sarana dan prasarana untuk keperluan praktek penyuluhan pertanian serta kegiatan lain dalam bidang ilmu terkait
  4. Menyusun program pengembangan IPTEK sesuai dengan fungsi laboratorium penyuluhan dan optimasi pemanfaatan sarana laboratorium penyuluhan pertanian.
  5. Mengatur kegiatan praktek sesuai dengan perkembangan IPTEK yang tersedia pada laboratorium penyuluhan
  6. Bekerja sama dengan unit kerja yang lain dan menunjang pengembangan inovasi teknologi pertanian
  7. Melakukan tugas-tugas lain yang diberikan atasan
  8. Bertanggung jawab kepada ketua jurusan

Tugas Pokok dan Fungsi Staf Laboratorium Penyuluhan

  1. Mempersiapkan sarana prasarana yang diperlukan untuk kegiatan Praktek penyuluhan pertanian serta Pendidikan dan Pelatihan yang terkait dengan Penyuluhan Pertanian
  2. Membuat dokumentasi kegiatan-kegiatan yang terkait dengan aktifitas laboratorium penyuluhan pertanian
  3. Memelihara sarana dan prasarana yang menjadi tanggungjawab laboratorium penyuluhan pertanian
  4. Membantu mengumpulkan dan menyediakan data penyusunan laporan kegiatan laboratorium
  5. Melakukan tugas-tugas lain yang diberikan oleh atasan
  6. Bertanggungjawab kepada kepala laboratorium penyuluhan.

TATA TERTIB LABORATORIUM

TATA TERTIB PENGGUNAAN LABORATORIUM

  1. Mahasiswa/pengguna laboratorium wajib mentaati semua tata tertib dan ketentuan yang ada di Laboratorium.
  2. Berlaku sopan, santun dan menjunjung etika akademik
  3. Mahasiswa/peneliti yang akan menggunakan Laboratorium Penyuluhan harus   mendapatkan surat ijin terlebih dahulu dari kepala Laboratorium. Surat ijin harus  masuk seminggu sebelum penggunaan
  4. Persetujuan penggunaan fasilitas/peralatan ditanda tangani oleh kepala    Laboratorium
  5. Peminjaman alat harus terlebih dahulu mengisi form peminjaman alat dan diketahui pembimbing dan teknisi Laboratorium
  6. Pengembalian peralatan/bahan kepada laboran dalam keadaan baik, sesuai dengan form peminjaman
  7. Kerusakan/kehilangan peralatan/bahan selama waktu peminjaman menjadi tanggung jawab peminjam, dan penggantian di sesuaikan dengan peralatan/bahan yang dipinjam dalam waktu yang ditentukan oleh pihak laboratorium.
  8. Kegiatan praktikum mahasiswa harus didampingi oleh pembimbing/asisten praktikum.
  9. Penggunaan Laboratorium di luar jam kerja harus sepengetahuan pihak Laboratorium

Hal-hal yang belum tercantum dalam tata tertib ini akan diatur kemudian

PENJADWALAN & PELAKSANAAN PRAKTIKUM

MEKANISME PENDJADWALAN & PELAKSANAAN PRAKTIKUM

MEKANISME PENJADWALAN PRAKTIKUM

  1. Dosen koordinator mata kuliah atau dosen pembimbing praktikum menyampaikan Jadwal Praktikum mata kuliah bersangkutan yang akan melaksanakan praktikum di laboratorium. Penyampaian tersebut harus dilakukan pada semester sebelumnya atau paling lambat pada awal semester dimana praktikum akan dilaksanakan, dan harus menyertakan penuntun praktikum, materi-materi praktikum, daftar kebutuhan alat dan bahan praktikum, perkiraan jumlah praktikan, serta nama asisten praktikum yang akan mendampingi praktikum mahasiswa. Penyampaian rencana praktikum yang dilakukan secara mendadak, tidak akan dilayani oleh pengelola Laboratorium.
  2. Selanjutnya Dosen Pembimbing praktikum segera menyampaikan secara tertulis rencana praktikum mata kuliah tersebut kepada Kepala  Laboratorium Penyuluhan, disertai dengan seluruh informasi atau dokumen tersebut diatas
  3. Kepala Laboratorium menunjuk (disposisi) dan menyampaikan kepada Staf atau Teknisi/PLP Laboratorium terkait tentang rencana praktikum yang dimaksud Staf atau teknisi Laboratorium (dapat dibantu dengan pembimbing atau asisten praktikum) menentukan jadwal dan mempersiapkan bahan dan alat yang akan digunakan

MEKANISME PELAKSANAAN PRAKTIKUM

  1. Selama praktikum berlangsung, semua praktikan dan asisten praktikum wajib mematuhi seluruh tata tertib laboratorium. Staf/Teknisi/PLP laboratorium secara intensif memantau jalannya praktikum
  2. Asisten memberi pengarahan kepada praktikan tentang praktikum yang akan dikerjakan.
  3. Mahasiswa mengambil alat dan bahan praktikum yang sudah disiapkan oleh Laboran atau Teknisi/PLP
  4. Mahasiswa mengerjakan praktikum sesuai topik dan alokasi waktu yang telah  ditentukan.
  5. Setelah praktikum selesai, semua alat yang digunakan wajib dibersihkan oleh praktikan (dikoordinir asisten praktikum) sebelum dikembalikan ke staf/teknisi laboratorium
  6. Setelah praktikum selesai, asisten praktikum menyerahkan kembali peralatan dan bersama-sama dengan staf atau teknisi kebun memeriksa kembali keadaan alat yang telah digunakan. Jika ada alat yang mengalami kerusakan atau hilang, maka mahasiswa bertanggung jawab memperbaiki atau mengganti alat tersebut.
  7. Berita acara kerusakan/hilang dan penggantian alat melengkapi Form B.
  8. Staf atau teknisi laboratorium melaporkan ke Kepala Laboratorium semua kegiatan praktikum yang telah dilaksanakan setiap akhir semester.

PEMINJAMAN ALAT

MEKANISME PEMINJAMAN & PENGGUNAAN ALAT LABORATORIUM

  1. Sebelum praktikum dimulai, asisten praktikum (dengan sepengetahuan pembimbing praktikum) mengajukan permohonan tertulis peminjaman alat (Form A) kepada Staf atau teknisi Laboratorium. Permohonan tersebut harus disampaikan paling lambat 1 hari sebelum praktikum dilaksanakan
  2. Staf atau teknisi laboratorium menyiapkan alat dan bahan yang akan digunakan paling lambat 1 hari sebelum praktikum dilaksanakan
  3. Asisten praktikum melakukan cek atas alat yang telah disediakan.
  4. Bila ada kesalahan atau ketidaksesuaian antara daftar, jenis maupun jumlah alat sebagaimana berkas peminjaman alat, segera melapor kepada teknisi Laboratorium.
  5. Setelah memastikan peralatan dalam kondisi baik dan berfungsi sebagaimana mestinya, serta spesifikasinya sesuai dengan berkas peminjaman alat, asisten praktikum mengisi buku peminjaman alat.
  6. Saat kegiatan praktikum berlangsung, peralatan tidak boleh dipinjamkan atau dipindah ke tempat lain
  7. Setelah praktikum selesai, asisten praktikum menyerahkan kembali peralatan dan bersama-sama dengan staf atau teknisi Laboratorium memeriksa kembali keadaan bahan dan alat yang telah digunakan. Jika ada alat yang mengalami kerusakan atau hilang, maka mahasiswa bertanggung jawab memperbaiki atau mengganti alat tersebut. Berita acara kerusakan/hilang dan penggantian alat melengkapi Form B.

FASILITAS

FASILITAS LABORATORIUM

No Nama Barang Tipe Thn Msuk Volume Kondisi Ket
Baik Rusak Lain-lain
1 Laptop DELL Vostro 3400 2010 11 6 1 - Semua tanpa Charger
2 Camcorder Canon Legria HFR-18 2010 1 - - - Tidak ada di Lab
3 Camera Digital Sony Alpha NEX-3W 2010 2 1 - - 1 tidak ada di Lab
4 LCD Tivi 32 inch LG 32LLD310 2010 1 1   - -
5 LCD Projector Sony VPL EX 120 2010 2 1 1 - -
6 Printer Multifungsi Canon Pixma MG5270 2010 4 3 1 - 2 ada di Lab
7 Laptop DELL/inspiron 14R 2011 7 - - - Semua tak ada di Lab
8 Handycam camcorder-fles/memory stick Sony/HDR PJ30E 2011 1 - - - -
9 Kulkas 2 pintu LG /GN- V222RLT 2011 1 - - - -
10 Computer PC Buil Up HP/pavilion P7-1040L 2011 1 - 1 - Butuh perbaikan
11 Printer  Canon iP2770 2011 1 1 - - -
12 UPS APC/SC 1000i 2011 1 - 1 - Butuh perbaikan

JADWAL PENGGUNAAN LAB

JADWAL PENGGUNAAN LAB SEMESTER GANJIL TA 2017-2018

SEMESTER GANJIL

HARI
JAM
MATA KULIAH
PRODI
SMTR
KELAS
K/P
DOSEN MATA KULIAH
TEKNISI/PLP
SENIN 08.00 - 10.00 Komunikasi dan Penyuluhan Pertanian MPLK V A Praktek
  1. Ir. Joseph P.Ticoalu, M.Si
  2. Wely Y. Pello,S.ST,M.Si
Alfons Mbira
10.00 - 12.00 Dasar-Dasar Penyuluhan Pertanian PPLK I C Praktek
  1.  Wely Y. Pello, S.ST, M.Si
  2. Herlyn Djunina, S.Sos, MA
  3. Musa Banunaek, SP, M.Si
Yohan Nenomnanu
13.00 - 15.00 Media Komunikasi dan Penyuluhan PPLK V A Praktek
  1. Ir. Joseph P. Ticoalu, M.Si
  2. Johanes Jermias, S.Pt, M.Sc
  3. Herlyn Djunina, S.Sos, MA
  4. Yopy I. Ismael, S.ST, MM
Alfons Mbira
15.00 - 17.00 Etika Bisnis MAG V AB Kuliah
  1. Chris N. Namah, SE, M.Sc
  2. Haryati Sengaji
 
SELASA 08.00 - 10.00 Akuntansi MAG V A Praktek
  1. Chris N. Namah, SE, M.Sc
  2. Melgiana Medah, SP, MEP
 
10.00 - 12.00              
13.00 - 15.00 Akuntansi MAG V B Praktek
  1. Chris N. Namah, SE, M. Sc.
  2. Gregorius Batafor
Siska Lende
15.00 - 17.00 Media Komunikasi dan Penyuluhan PPLK V B Praktek
  1. Ir. Joseph P. Ticoalu, M.Si
  2. Johanes Jermias, S.Pt, M.Sc
  3. Herlyn Djunina, S.Sos, MA
  4. Yopy I. Ismael, S.ST, MM
Alfons Mbira
RABU  08.00 - 10.00 Perlindungan Tanaman MPLK III A Praktek
  1. Yos F. da Lopes, SP, M.Sc.
  2. Ir. Abdul Kadir Djaelani
 Joni Nenobesi
10.00 - 12.00 Perlindungan Tanaman MPLK III PDD Praktek
  1. Yos F. da Lopes, SP, M.Sc.
  2. Ir. Abdul Kadir Djaelani
 Joni Nenobesi
13.00 - 15.00 Perlindungan Tanaman MPLK III D Praktek
  1. Yos F. da Lopes, SP, M.Sc.
  2. Ir. Abdul Kadir Djaelani
 Joni Nenobesi
15.00 - 17.00              
KAMIS 08.00 - 10.00 Dasar-Dasar Penyuluhan Pertanian PPLK I A Praktek
  1. Wely Y. Pello, S.ST,M.Si
  2. Herlyn Djunina, S.Sos, MA
  3. Musa Banunaek, SP, M.Si
Yohan Nenomnanu
10.00 - 12.00 Dasar-Dasar Penyuluhan Pertanian PPLK I D Praktek
  1. Wely Y. Pello, S.ST, M.Si
  2. Herlyn Djunina, S.Sos, MA
  3. Musa Banunaek, SP, M.Si
Yohan Nenomnanu
13.00 - 15.00 Perlindungan Tanaman MPLK III C Praktek
  1. Yos F. da Lopes, SP, M.Sc.
  2. Ir. Abdul Kadir Djaelani
Joni Nenobesi
15.00 - 17.00 Perlindungan Tanaman MPLK III B Praktek
  1. Yos F. da Lopes, SP, M.Sc.
  2. Ir. Abdul Kadir Djaelani
Joni Nenobesi
JUMAT  08.00 - 10.00 Kelembagaan Petani & Dinamika Kelompok PPLK III A Praktek
  1. Ir. Joseph P.Ticoalu, M.Si
  2. Endeyani V. Muhamad, S.Pt
  3. Dr. Karel Sir, S.Ag
Yohan Nenomnanu
10.00 - 12.00              
13.00 - 15.00 Perlindungan Tanaman MPLK III A,B Kuliah
  1. Yos F. da Lopes, SP, M.Sc.
  2. Ir. Abdul Kadir Djaelani
 
15.00 - 17.00              

SEMESTER GENAP

HARI
JAM
MATA KULIAH
PRODI
SMTR
KELAS
K/P
DOSEN MATA KULIAH
TEKNISI/PLP
SENIN 08.00 - 09.50  Manajemen umberdaya Manusia (MSDM)            
10.00 - 12.00              
13.00 - 15.00              
15.00 - 17.00              
SELASA 08.00 - 10.00              
10.00 - 12.00              
13.00 - 15.00              
15.00 - 17.00              
RABU  08.00 - 10.00              
10.00 - 12.00              
13.00 - 15.00              
15.00 - 17.00              
KAMIS 08.00 - 10.00              
10.00 - 12.00              
13.00 - 15.00              
15.00 - 17.00              
JUMAT  08.00 - 10.00              
10.00 - 12.00              
13.00 - 15.00              
15.00 - 17.00