Copyright 2017 - Jurusan MPLK Politeknik Pertanian Negeri Kupang

Profil

Profil

Sejarah

Jurusan Manajemen Pertanian lahan Kering (MPLK) merupakan salah satu Jurusan di bawah Politeknik pertanian Negeri Kupang yang berdiri pada tahun 1988 yang merupakan trademark Politani kupang karena dicirikan dari Pertanian lahan kering. Awal berdiri hanya memiliki 1 (satu) Program Studi yaitu program Studi Manajemen Pertanian lahan kering jenjang D3. Namun dalam perkembangannya dan tuntutan masyarakat maka sejak tahun 2003 dibuka program Studi baru yaitu Prodi Manajemen Agribisnis (MAG) jenjang D3, tahun 2005 membuka Prodi Manajemen Sumber Daya Hutan (MSDH) jenjang D3 dan tahun 2009 membuka Prodi Penyuluhan Pertanian Lahan Kering (PPLK) jenjang D4 yang masing-masing dipimpin oleh Ketua program Studi (Kepro). Tahun 2015 melalui program PEDP di program studi MSDH diusulkan lagi satu Program Studi jenjang D4 yaitu Kehutanan dan sedang diproses.

Terkait dengan akreditasi sejak tahun 2011 ada  3 (tiga) Prodi di jurusan MPLK telah terakreditasi yaitu : Prodi MPLK dengan nilai B, Prodi MAG dan MSDH dengan nilai C dan tahun 2012 Prodi D4 PPLK terakreditasi dengan nilai C. Seiring dengan perjalanan waktu masa akreditasi prodi jenjang D3  di bawah jurusan MPLK berakhir tahun 2016 sehingga dilakukan reakreditasi di awal tahun 2016 dan akhir tahun 2016  dikeluarkan surat dari BAN-PT dengan nilai B untuk Prodi MPLK,MAG,  MSDH. Sedangkan Prodi PPLK dengan  jenjang D4 berakhir tahun 2017 dan sekarang sedang dalam proses reakreditasi.

Pengembangan laboratorium yang merupakan sarana praktek dari awal berdiri berjumlah 3 (tiga) laboratorium di bawah jurusan MPLK yaitu Laboratorium SUT yang dilengkapi dengan laboratorium Lapang, lab. Tanah dan Air, dan lab Keteknikan. Seiring dengan penambahan jumlah Prodi maka dikembangkan 3 laboratorium baru yaitu : Lab Penyuluhan , Lab Agribisnis, lab Perencanaan hutan sehingga berjumlah   6 (enam) buah laboratorium yang dikepalai oleh Kepala laboratorium.
Sarana kuliah yang ada di jurusan MPLK yaitu di  gedung jurusan  berlantai 3 yang didalamnya terdapat ruangan kuliah berjumlah 2 ruangan, ruangan lab terpadu berlantai 4  sebanyak 8 ruangan  yang dilengkapi dengan  ruangan dosen. Sedangkan dari segi tenaga Pendidik (dosen) dan tenaga kependidikan (teknisi) telah mengalami peningkatan jumlah yang relavan dengan bidang ilmu masing-masing dalam 4 program studi tersebut. Hingga saat ini jumlah tenaga pengajar di jurusan MPLK sebanyak 56 orang dengan kualifikasi pendidikan S2  dan S3 berjumlah 4 orang dan sedang melaksanakan pendidikan S3 sebanyak 6 orang . Selain dosen juga dalam PBM didampingi oleh  teknisi sebanyak 25 orang.    

Visi

Menjadi penyelenggara pendidikan vokasi yang handal dalam pengelolaan pertanian lahan kering

Misi

  1. Menyelenggarakan program pendidikan vokasi, penelitian, pengabdian kepada masyarakat di bidang Manajemen Pertanian Lahan Kering berwawasan agroekosistem lahan kering sesuai dinamika perkembangan ilmu pengatahuan teknologi berdasarkan kebutuhan masyarakat
  2. Menyelenggarakan pembinaan iklim akademik yang sehat dan dinamis dalam mengembangkan dan mengamalkan ilmu pengatahuan dan teknologi
  3. Menyelenggarakan kerjasama dengan alumnus dan stakeholders lainnya.
  4. Mengembangkan sarana dan prasarana untuk menunjang kegiatan akademik dan kewirusahaan
  5. Meningkatkan kompetensi dosen dan teknisi untuk meningkatkan daya saing institusi